Karnaval Nasional Meriahkan Pembukaan

Artikel ini menjelaskan beberapa hal tentang
, dan jika Anda tertarik, maka ini patut dibaca, karena Anda tidak pernah tahu apa yang Anda tidak tahu.
SENTANI, KOMPAS.com " Ratusan warga termasuk paguyuban di Kabupaten Jayapura, Papua, ikut mewarnai pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) ke-4 tahun 2011 dalam karnaval nasional di daerah itu, Sabtu (18/6/2011).

Karnaval nusantara dimulai pada pukul 10.30 hingga pukul 14.00 WIT, dengan titik start dari Lapangan Upacara Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani, menuju ke Kota Jayapura, dan berakhir di PTC Entrop.

Karnaval yang diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten/Kota Jayapura dilepas oleh Wakil Bupati Jayapura Zadrak Wamebu, SH, MM, dan diterima oleh Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae, SSos, MM.

Dari masing-masing paguyuban, baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran, menampilkan budaya tradisional, dan mengenakan busana daerah masing-masing.

Mereka dari Anda tidak akrab dengan yang terakhir pada
sekarang memiliki setidaknya pemahaman dasar. Tapi ada lagi yang akan datang.

Setelah sampai di PTC Entrop, masing-masing paguyuban menampilkan tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah. Bahkan, pada akhir kegiatan seluruh paguyuban menjadi satu dan menampilkan tari-tarian masing-masing, tetapi tetap terlihat kompak.

Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae, SSos, M, pada kesempatan itu mengatakan, penyelenggaraan karnaval nusantara dalam pelaksanaan Festival Danau Sentani adalah sebagai atraksi arak-arakan seni budaya, juga dimaksudkan untuk memelihara identitas dan membangun kekhasan seni budaya masing-masing daerah di Tanah Air.

"Ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama. Nasionalisme yang sangat kental terjalin di antara sesama," katanya.

Festival Danau Sentani Ke-4 tahun 2011 yang akan dimulai pada hari Minggu (19/6/2011) mengusung tema "Love Pece and Harmony" (cinta kasih, damai, dan rukun).

Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara, di antaranya pagelaran budaya, pameran, dan tur wisata.   

Sumber: ANTARA

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan poin-poin di atas. Apa yang Anda pelajari dapat membantu Anda mengatasi keraguan Anda untuk mengambil tindakan.