KY Ajukan 21 Nama Calon Hakim Agung ke DPR

Artikel berikut ini berisi beberapa, tips sederhana informatif yang akan membantu Anda memiliki pengalaman yang lebih baik dengan
.
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Yudisial, Senin (1/8/2011) ini, akan menyerahkan 21 nama-nama calon hakimagung yang lolos seleksike pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat. Hasilseleksi KY itu selanjutnya akan diserahkan ke Komisi III DPR agar KomisiHukum itu dapat melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit andproper test) para calon.

"Ada 21 calon, akan kita rekomendasikan ke Komisi III DPR RI, nanti pukul 11.00 WIB," ungkap Wakil Ketua KY, Imam Anshori kepada Tribunnews.com, melalui telepon selular, Senin pagi. Dari 21 calon itu, menurutnya, ada lebih dari tiga calon Hakim Agung wanita.

 

 

 

Seperti diberitakan sebelumnya, KY telah menggelar seleksi wawancaraatau tahap akhir calon hakim agung pada 25-28 Juli lalu, yang diikuti 43 peserta. Beberapa calon di antaranya adalah Gayus T Lumbuun (anggotaKomisi III DPR), Cicut Sutiarso (Direktur Jenderal Peradilan UmumMahkamah Agung), Rum Nessa (Sekretaris MA), Djazimah Muqoddas (hakimtinggi Pengadilan Tinggi Agama), dan Andi Samsan Nganro (Wakil KetuaPengadilan Tinggi Samarinda).

Kadang-kadang aspek yang paling penting dari subjek tidak segera jelas. Jauhkan membaca untuk mendapatkan gambaran yang lengkap.

Selain tujuh komisioner KY, wawancaraterhadap para calon hakim agung tersebut juga melibatkan tim pakar,seperti Syafii Maarif danM Yahya Harahap.

Selepas menuntaskan rangkaian test calon Hakim Agung, tujuh orang Komisioner KY, di hari Sabtu, dan Minggu kemarin, menggelar rapat tertutup, untuk merumuskan nama-nama yang telah lolos dari serangkaian test yang sudah digelar pihaknya tersebut. 

Proses seleksi ini digelar guna memenuhi kebutuhan 10 Hakim Agung di Mahkamah Agung (MA). Seperti diketahui, saat ini MA membutuhkan paling tidak 10 hakimagung baru. Mengacu pada ketentuan undang-undang, KY harus mengajukantiga kali dari jumlah kebutuhan hakim agung (1:3) tersebut.

Wakil Ketua KY Bidang Rekrutmen Hakim Taufiqurrahman Syahuri, Minggu (31/7/2011), mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen untuk hanya mengirimkan calon yang memenuhi kualifikasi yang telah ditetap KY. Jadi, KY tidak memaksakan diri untuk mengirimkan 30 orang dari 43 calon yang ada.

Ketua KY Eman Suparman mengatakan, pihaknya menginginkan calon hakimagung yang sesuai dengan harapan publik. Kriteria hakim agung yangsesuai dengan harapan publik antara lainhakim yang bersih, pintar,jujur, adil, profesional, dan rendah hati. Pihaknya tetap mendahulukankualitas dan integritas para calon.

Terkait dengan persoalantersebut, KY meminta klarifikasi atas temuan-temuan yang diperoleh timinvestigasi. Temuan-temuan itu, antara lain, terkait rekening tabungandengan jumlah yang mengejutkan, kepemilikan sejumlah benda mewah, dan temperamen calon yang emosional.

 

Jangan membatasi diri Anda sendiri dengan menolak untuk mempelajari rincian tentang
. Semakin banyak Anda tahu, semakin mudah akan fokus pada apa yang penting.