Energi Polri Habis Kerdilkan Kasus Gayus

Are you looking for some inside information on mobil keluarga ideal terbaik indonesia? Here's an up-to-date report from mobil keluarga ideal terbaik indonesia experts who should know.
JAKARTA, KOMPAS.com " Kepolisian dinilai tidak pernah serius tangani kasus Gayus Halomoan Tambunan sejak menangani mafia kasus hingga kasus keluarnya Gayus dari rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Polri dinilai hanya sibuk melindungi pihak-pihak tertentu dari jeratan hukum.

"Fenomena yang terjadi, energi Polri habis untuk melindungi internal dan mengerdilkan kasus Gayus," ucap aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW), Donald Fariz, ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (9/1/2011).

Penilaian itu terkait beberapa kasus baru Gayus di luar mafia kasus dan mafia pajak yang terungkap oleh masyarakat. Contohnya, kasus melenggangnya Gayus dari rutan lalu pelesir ke Bali. Kasus itu terungkap setelah fotografer Harian Kompas, Agus Susanto, memotret Gayus ketika menonton turnamen tenis di Nusa Dua, Bali.

Selain itu, kasus pelesiran Gayus ke tiga negara, yakni Makau, Singapura, dan Malaysia, dengan status tahanan. Kasus itu terungkap setelah Devina menulis surat pembaca di Kompas. Devina menulis bahwa dia pernah melihat pria mirip Gayus dalam satu penerbangan ke Singapura.

Untuk ke luar negeri, Gayus menggunakan nama Sony Laksono dalam paspor. Penyidik sudah tahu Gayus memakai identitas Sony Laksono ketika ke Bali. Kasus ke Bali itu sudah terungkap sejak November 2010.

The information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia presented here will do one of two things: either it will reinforce what you know about mobil keluarga ideal terbaik indonesia or it will teach you something new. Both are good outcomes.

Kemudian, Polri baru mengusut kasus pemalsuan kartu tanda penduduk (KTP) setelah Gayus diketahui memiliki paspor asli dengan identitas palsu. Polri baru tahu pembuatan KTP di daerah Jakarta Pusat baru-baru ini. Padahal, penyidik sudah tahu Gayus menggunakan KTP palsu ketika ke Bali.

"Kejadian-kejadian itu terbongkar karena ketidaksengajaan, bukan karena faktor kemampuan Polri sendiri. Ini menunjukkan mereka tidak ingin membongkar kasus Gayus. Kalau mereka niat, pasti mereka mampu," lontar Donald.

"Jadi, Polri hanya sibuk melindungi perwira tingginya yang diduga pernah mencicipi uang Gayus. Bagaimana Polri habis energinya untuk lindungi wajib pajak terkait uang Gayus Rp 28 miliar dengan hanya mengenakan Gayus pasal gratifikasi, padahal yang terjadi suap," tambah dia.

Dengan terus terungkapnya fakta baru, lanjut Donald, kali ini Polri harus mengungkap dugaan pelesiran Gayus ke lokasi lain yang belum terungkap. Dugaan itu mengingat Gayus telah 68 kali keluar dari rutan di sela-sela sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Boy Rafli Amar mengatakan, Gayus hanya mengaku pergi ke rumah dan ke Bali saat diperiksa. Pihaknya tidak bisa memaksa Gayus untuk menjelaskan ke mana saja dia selama di luar rutan.

Dikatakan Boy, pihaknya tidak menyangka Gayus dapat pergi ke luar negeri. "Dengan status dia sebagai tahanan dan paspor sudah disita, saya pikir secara logika sulit," kata Boy. Seperti diketahui, paspor Gayus sudah disita ketika seusai kabur dari Singapura pada tahun 2010.

There's no doubt that the topic of mobil keluarga ideal terbaik indonesia can be fascinating. If you still have unanswered questions about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, you may find what you're looking for in the next article.