PPATK Lacak Transaksi di Kemnaketrans

Ketika Anda berpikir tentang
, apa pendapatmu pertama? Aspek mana
penting, yang penting, dan mana yang bisa Anda ambil atau meninggalkan? Anda akan hakim.
JAKARTA, KOMPAS.com- Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) menelusuri aliran dana terkait kasus dugaan suap program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Kasus yang melibatkan dua pejabat Kemnakertrans dan seorang pengusaha itu belakangan menyeret nama Menakertrans Muhaimin Iskandar. "Otomatis sistem akan melaporkan transaksi keuangan yang terkait," ujar Ketua PPATK Yunus Husein melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Senin (5/9/2011).

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda sudah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

Kendati demikian, Yunus mengatakan, pihaknya belum menemukan transaksi mencurigakan terkait kasus itu.Adapun kasus dugaan suap program PPIDT melibatkan dua pejabat Kemnakertrans, yakni Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi Dadong Irbarelawan, Sekretaris Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P2KT) I Nyoman Suisanaya, dan seorang wanita selaku kuasa direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati. Ketiganya disangka melakukan percobaan penyuapan terhadap Muhaimin dengan alat bukti Rp 1,5 miliar.

Kuasa hukum Dharnawati, Farhat Abbas, mengungkapkan bahwa uang tersebut diniatkan untuk diberikan kepada Muhaimin sebagai tunjangan hari raya (THR) Lebaran. Rencana pemberian uang itu, menurut Farhat, termuat dalam rekaman pembicaraan yang disadap KPK.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua KPK M Jasin enggan mengungkapkan isi rekaman. "Ditunggu saja dalam proses persidangan dalam pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) sebagai lembaga penegak hukum yangprofesional," kata Jasin.

Kini ketiga tersangka itu mendekam di rumah tahanan. Dadong di Rutan Cipinang, Nyoman di Rutan Polda Metro Jaya, sementara Dharnawati di Rutan Pondok Bambu.

Ada banyak mengerti tentang
. Kami dapat menyediakan Anda dengan beberapa fakta di atas, tetapi masih ada banyak lagi untuk menulis tentang dalam artikel berikutnya.