473.000 Nelayan Tidak Bisa Melaut

The following article includes pertinent information that may cause you to reconsider what you thought you understood. The most important thing is to study with an open mind and be willing to revise your understanding if necessary.
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 473 ribu nelayan yang terdapat di berbagai daerah diperkirakan tidak bisa melaut akibat kondisi cuaca yang buruk atau ekstrim, yang beberapa bulan terakhir ini terjadi di Indonesia.

"Dari data yang kami himpun terdapat 473.983 nelayan yang tidak melaut di 41 Kabupaten/Kota pada 20 provinsi," kata Sekretaris Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ibrahim Ismail, dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (15/2/2011).

Berdasarkan perhitungan KKP dengan jumlah nelayan tersebut, dibutuhkan setidaknya 13.271 ton beras bantuan kepada para nelayan dan lima orang anggota keluarga mereka.

KKP sebelumnya juga telah menujukkan surat kepada pihak Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat agar dapat menginstruksikan kepada para gubernur dan bupati/walikota untuk memanfaatkan cadangan beras pemerintah (CBP) sebagai langkah tanggap darurat.

Truthfully, the only difference between you and mobil keluarga ideal terbaik indonesia experts is time. If you'll invest a little more time in reading, you'll be that much nearer to expert status when it comes to mobil keluarga ideal terbaik indonesia.

Sesuai dengan ketentuan Kementerian Sosial, bantuan pangan diberikan kepada mereka yang dinyatakan sebagai warga atau anggota masyarakat yang terkena bencana sosial sebesar 0,4 kilogram/jiwa/hari untuk selama 14 hari pertama.

Sedangkan kondisi sebagian besar nelayan yang kekurangan pangan akibat tidak dapat melaut telah ditetapkan oleh Menteri Sosial sebagai sebuah bencana sosial.

Pemberian bantuan di tingkat lokasi dikoordinasikan oleh gubernur dan bupati/walikota dengan menggerakkan dinas sosial, taruna tanggap bencana, dinas kelautan dan perikanan, serta UPT/UPTD pelabuhan perikanan yang terdapat di sejumlah daerah di Indonesia.

Mekanisme penyaluran CBP mengacu kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menko Perekonomian dengan Menko Kesra No KEP-46/M.EKON/08/2005 dan KEP-34/MENKO/KESRA/VIII/2005 tentang Pedoman Umum Koordinasi Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah.

Selain itu, KKP juga akan mengusulkan bantuan sosial kepada nelayan yang terkena dampak cuaca buruk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sometimes it's tough to sort out all the details related to this subject, but I'm positive you'll have no trouble making sense of the information presented above.